Merealisasikan Amal

Dalam hadits qudsi, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, diriwayatkan dari Allah Ta’ala,

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ، ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً ، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ

Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6491 dan Muslim no. 130)

Ibnu Rajab Al Hambali berkata, “Yang dimaksud ‘hamm’ (bertekad) dalam hadits di atas adalah bertekad kuat yaitu bersemangat ingin melakukan amalan tersebut. Jadi niatan tersebut bukan hanya angan-angan yang jadi pudar tanpa ada tekad dan semangat.”(Jaami’ul Ulum wal Hikam, 2: 319)

*****

Salah satu tanda kasih sayang Allah kepada hamba-hamba beriman adalah menghitung niat baik meskipun belum bisa terlaksana. Dengan catatan, niat kebaikan itu sungguh-sungguh untuk dilaksanakan. Contohnya, kita punya harapan ingin menunaikan shaum sunnah pada setiap Senin dan Kamis. Sedangkan pada dua hari itu, ternyata jatuh sakit dan tidak memungkinkan untuk berpuasa. Insyaallah itu sudah mendapat satu kebaikan di sisi Allah. Maka jika kita ingin menyempurnakan kebaikan tersebut, laksanakan dengan kesungguhan dan kepasrahan sebagai hamba yang beriman.

Semoga Allah mudahkan segala upaya kita menunaikan kebaikan agar ia menjadi pemberat amalan di yaumil akhir nanti, menjadikan kita layak berdekatan dengan para shalih dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam.

Advertisements

One thought on “Merealisasikan Amal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s