Jangankan Dirimu

Jangankan dirimu, orang-orang sholih itu pun seperti dihujani peluru. Dikatakan begini dan begitu. Jika benar arah hidupmu hanyalah untuk Allah, mengapa risau dengan perkataan yang melemahkanmu? Urus saja amalmu, perbaiki segala compang-camping keimananmu. Sesekali tengok kembali hatimu, periksa adakah ia berdebu ataukah malah telah hitam tersebab kelalaianmu?

Jangan, jangan sibuk pada amalan orang lain. Sibuk saja dengan amalanmu, amal apa yang akan kau bawa menghadap Rabb-mu? Amalan apa yang kau yakin mendapat tempat di sisi Rabb yang menggenggam hati dan jiwamu?

Boleh saja kau melihat amalan orang lain, bercermin apakah amalanmu sudah sebaik amalan mereka? Bukan malah mencaci, menghina amalannya yang kau anggap menyelisihi agama. Setiap orang berproses dalam perjalanan hijrahnya, tak hadir seketika seolah sihir yang mengelabuhi pandangan mata. Bukan, bukan tak boleh kau mengajak pada yang haq, hanya saja ada adabnya agar mereka bisa tersentuh hatinya.

Jika kau sudah bisa asyik berkhusyuk menyimak nasehat dalam majelis ilmu, jangan patahkan semangat mereka yang mulai mencintai Islam dari tempat yang jauh dari tempat dudukmu mendengarkan nasehat guru. Biarkan mereka mengenal Islam perlahan, dalam rangkulan tali persaudaraan. Bukankah selama hayat di kandung badan masih terbuka pintu ampunan? Maka biarkan mereka, dan aku berjalan pelan dalam penghambaan, meniti langkah-langkah kecil meneguhkan iman.

Semoga Allah istiqomahkan langkah kami menjadi hamba beriman, dengan adab, ilmu dan amal menjaga kemuliaan Islam. Baarokallahufiikum

Al Faqir, Hajiah.

Depok, 18 Juli 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s