Tempa

Dalam sebuah tausiyahnya, Abdullah Gymastiar atau yang lebih akrab disapa Aa Gym menganalogikan kehidupan orang-orang beriman dengan perjalanan sebuah kelapa menjadi santan.

Untuk menjadi santan yang putih bersih, kelapa melalui perjalanan panjang. Ditempa agar menghasilkan santan terbaik yang berkualitas. Di awal, untuk mendapatkan kelapa kita perlu memanjat pohon yang tinggi, tertiup angin ketika di atas pohon. Kita harus memastikan bahwa pijakan kita kuat, pegangan kita kokoh agar tak hanyut dalam buai lembut semilir angin di ketinggian. Begitulah seorang muslim, ketika mulai mencicipi hasil dari apa yang diharapkan harus tetap fokus pada tujuan, yaitu memetik keridhoan Allah. Tidak terbawa sanjung puji, tidak tumbang meski dicaci maki.

Setelah kelapa berhasil dipetik, ia tidak dibawa turun dengan pelan. Melainkan dijatuhkan dari ketinggian. Ada yang jatuh di tempat rerumputan yang tebal dan nyaman, ada pula yang jatuh di kubangan sisa air hujan. Belum selesai rasa sakit jatuh dari ketinggian, kelapa harus siap ditebas untuk dikupas. Ditarik serabut kelapa dari batoknya. Srek srek srek. Keras! Agar serabut tercabut bersih dari batok kelapa. Lantas yang sudah dibersihkan serabutnya, mesti dilanjutkan proses yang menyakitkan lagi. Dibelah batoknya, dicungkil kelapanya. Apakah selesai? Tidak, masih harus diparut! Dan kemudian diperas sekuat tenaga agar mengalir dari lapis-lapis parutan air santan yang siap diolah.

Sedikit banyak begitulah perjuangan menjadi seorang muslim yang kuat. Ditempa sesuai kadar kemampuannya, diuji dan dibersihkan dosa dengan peluh dan lelah payahnya. Masyaallah, begitu sayang Allah kepada orang-orang yang beriman. Disajikan ujian untuk mendapat peningkatan kualitas iman, peningkatan kualitas takwa. Semoga kita selalu menghadirkan Allah di setiap waktu, di setiap hirup napas kehidupan. Terima kasih Allah, segala ujian yang Kau berikan akan kujadikan jalan meniti keimanan.

Depok, 20 Juni 2017

Hajiah M. Muhammad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s