Istirahat Seperlunya, Melangkahlah Selamanya

Kamu boleh kalah, tapi kamu gak boleh nyerah! 

Pecut itu aku lepaskan untuk mencambukmu, mencambuk kutukanmu atas kelemahan dan keterbatasanmu. Kamu tahu, kenapa kura-kura bisa menang balap lari dengan kelinci? Karena kelinci tertidur ketika perlombaan? Yang menjadikan kura-kura menang bukan karena kekhilafan kelinci yang tertidur dalam perlombaan, melainkan tekad dan semangat kura-kura yang tak pernah padam.

Pecut itu aku lepaskan untuk menyadarkanmu, menyadarkan kau dari tidur panjang dan dari lamunan yang tak kunjung usai kau lakukan. Kamu tahu, kenapa gerombolan kepiting bisa selamat dari terkaman elang? Karena elang lebih kuat dan gagah? Bukan, sama sekali bukan. Kepiting selamat karena ia ada dalam rombongan, bersatu dengan yang lain untuk saling menjaga, saling menguatkan.

Pecut itu aku lepaskan untuk mengingatkanmu, mengingatkan kau akan mimpi dan harapanmu yang selalu jadi senandung dalam doa-doamu. Kamu tahu, apa yang membuat Ikal mampu mencapai cita-citanya? Selain karena kesungguhan, ketekunan, ia punya mimpi! Punya harapan yang terus ia kejar, punya cita yang selalu ia ingat dan mewujudkannya menjadi nyata.

Pecut itu aku lepaskan untuk menasehatimu, bahwa kesemua itu tidaklah cukup takkan pernah cukup menjadi bekal tanpa interaksimu dengan Allah. Tanpa keakrabanmu dengan Allah, takkan cukup. Karena Ia Maha Kuasa, Maha Berkehendak atas setiap garis kehidupan makhluk-Nya.

Dan kamu adalah dirimu sendiri! Pecutlah lebih keras lagi jika kau masih terlena dalam ruang hampa tanpa ada cerita. Sesekali rehat untuk mengisi kembali semangat, tingkatkan kemampuan dan pengetahuan. Semoga Allah mudahkan segala urusan.

Depok, 4 Mei 2017

Hajiah M. Muhammad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s