Karena Bunda

Ayeesh (3 tahun 3 bulan), adalah nama anak saya yang sulung. Saya pun adalah anak sulung. Sesekali jadi flashback bagaimana ketika kecil dulu. Ibu hampir tidak pernah meninggikan suaranya sekali pun saya melakukan hal yang mengundang amarahnya. Seringnya, suara ibu meninggi ketika saya sakit tapi tidak mengaku sakit sampai harus dipaksa, ‘Kakak sakit apa? Apa yang dirasa?’, baru mau bilang ke ibu. Persis dengan Ayeesha. Jika ia mulai demam karena sulit sekali dibujuk untuk makan, ia seperti orang ketakutan. Ia seperti khawatir jika saya akan marah karena ia sakit. Mungkin karena saya terlalu khawatir sehingga memaksanya untuk makan, untuk sekadar minum jus alpukat kesukaannya.

Dan malam itu, saya merenung. Saya tatap dalam – dalam ia yang sedang tertidur pulas. Di sisi kiri sambil tangan mungilnya tergeletak di atas perut bundanya. Ia memang begitu, tapi saya senang. Terharu. Ia yang hatinya masih jernih, belum terkotori dosa, lapang untuk memaafkan Bunda. Padahal, tiap harinya Bunda tak selalu ramah. Cenderung marah – marah. Dan di malam itu, mendapat cerita tentang ibu yang lemah lembut tutur katanya, tegas dalam nasehat dan yakin dalam doanya. Hingga ia mampu menahan amarah kepada anak dan juga suaminya. Masyaallah.

Sejak malam itu, saya bertekad untuk tidak lagi meninggikan suara, sekeras apapun emosi bergejolak. Jangan marah maka bagimu surga. Itulah yang membuat saya membulatkan tekad, karena saya ingin dapat berkumpul di surga bersama anak dan suami, dengan keluarga besar dan orang – orang sholih yang terpatah saya kejar amalannya.

Semoga Allah meneguhkan hati ini selalu di jalan-Nya. Di cinta para pejuang, dimana Allah curahkan lapis – lapis keberkahan dalam rajutan kisah kehidupan kita.

Depok, 26 Februari 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s