Disuruh Istirahat

Akmal Sjafril, sosok berdarah Minang yang belajar dan tinggal di daratan Sunda. Cikal bakal cendikiawan Muslim yang mampu menyayat nalar dengan ketajaman tulisannya. Saya pernah menyebut nama beliau di salah satu postingan di bulan Agustus lalu. Dan hari ini, akan kembali bercerita tentangnya, tentang kepiawaiannya menjadi khadimat ummat, masyaallah. Semoga Allah memberkahinya. Juga kepada orang-orang yang kecintaannya kepada agama Islam yang mulia, membuat mereka terus tergerak meski dalam kesakitan dan kesulitan.

Tidak ada yang keburukan, karena Allah sudah mengatur segala sesuatunya dengan sangat rapi. Pun awal mula bertemu dengan sosok Uda Akmal. Memang, saya tidak begitu banyak berinteraksi dengan beliau. Hanya mengenal sosoknya lewat tulisan-tulisan di buku-bukunya yang saya pinjam dari teman. Pertemuan pertama adalah ketika saya mengantarkan pesanan Risol ke rumahnya. Kedua, di markas Insist ketika kajian #IndonesiaTanpaJIL. Ketiga, di Rumah Iqro saat silaturahim dengan rekan-rekan kampus. Dan dari ketiga pertemuan itu, beliau sama. Semangatnya. 

Tapi dua hari yang lalu, mendapat kabar jika beliau harus dirawat intensif. Istrinya yang mengabarkan, kami ada di satu grup WA dan ini yang saya maksudkan bahwa tidak ada yang kebetulan. Sampai dengan kemarin, kondisi Uda Akmal masih rawat inap di ruang HCU. Salah satu rumah sakit swasta bilangan Bogor. Di ranjang pasien, beliau masih menyempatkan berinteraksi dengan teman-teman di grup WA. Tidak ada yang menyangka bahwa beliau ternyata sedang memakai infus di rumah sakit, karena kemarin sorenya beliau masih menjadi narasumber di salah satu kajian.

Kami yang seketika panik, jadi bertanya-tanya bagaimana kondisi terkini dari Uda Akmal? Hanya bisa berdoa dari kejauhan, semoga beliau segera pulih dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga, dengan orang-orang yang menanti diskusi dengannya. Semoga Allah sembuhkan beliau tanpa ada sakit setelahnya dan menjadikan sakitnya sebagai penggugur dosa. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s