Reset Epson L100

Dikarenakan keterbatasan dana, seringkali saya mengandalkan keingintahuan dan mengobati penasaran dengan mencoba, sekalipun gagal. Tentunya, saya berharap setiap percobaan yang dilakukan, segera mendapatkan hasil tapi nyatanya hampir setiap hal yang saya coba lakukan selalu menemui kegagalan. Sama sekali tidak merencanakan kegagalan, hanya saja kegagalan itu seperti perangko yang menempel pada kartu pos.

Bermula dari segala keterbatasan itu, saya memberanikan diri untuk melakukan hal-hal yang mungkin bagi sebagian orang aneh dilakukan oleh seorang perempuan. Tapi dari pengalaman, beberapa kali saya memang melakukannya. Service laptop atau printer. Yap! Kamu gak salah baca, karena memang saya melakukannya. Pernah satu waktu dipercaya kawan untuk membongkar printernya, dan seketika itu juga saya harus belepotan tinta. 😂 Berapa lama penyelesaiannya? Kurang lebih 7 jam, itu pun yang saya ingat. Mungkin sebenarnya lebih lama dari itu. 🙈

Tapi perjalanan hidup mengantarkan banyak hal, termasuk bagaimana seharusnya bertindak agar tidak zolim terhadap orang lain, pun terhadap printer. Dan sekitar bulan Mei, saya mengenal WIC reset. Dimana ini merupakan software paling bersahabat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ditemui dalam pemakaian printer.

Dari hasil googling, saya mengenal WICreset dan banyak blog yang menyajikan tutorialnya. Akan tetapi, kebanyakan copy paste sehingga saya harus berulang kali membacanya. Di dua hari ini, saya menggunakannya kembali karena tinta di tank nyaris habis. Awalnya saya tak menyadari bahwa tinta dalam tank sudah habis, karena biasanya jika hasil cetak tampak tak rapi saya hanya melakukan head cleaning dari printer preferences. Tapi sudah berulang kali melakukannya tak membiarkan hasil, hingga akhirnya muncul kotak dialog untuk memeriksa status ketersediaan tinta dalam tank. 

Setelah memeriksa tank, ternyata sudah melebihi batas minimal penyimpanan sehingga memang sudah seharusnya diisi ulang. Satu hari setelahnya, saya mengisi tank warna hitam yang memang sudah habis. Setelah mengisi tank, printer masih belum berfungsi dengan baik karena dari hasil print test page masih menunjukan bahwa printer belum terinstal dengan baik. Singkat cerita, saya kembali menggunakan WIC reset untuk memeriksa waste ink counters dan bermaksud untuk mengatur ulang printer pasca diisi ulang (hal ini dilakukan jika tabung printer sudah benar-benar habis). Alhamdulillah, bermodal rasa keingintahuan yang besar dan jaringan internet yang cukup memadai, saya mengikuti arahan untuk melakukan pengaturan ulang pada printer.

WIC reset bisa diunduh pada laman resminya. Sekadar saran, unduh versi paling update ya, karena akan sangat mempengaruhi pemakaiannya, dan ikuti tutorial dari laman resmi tersebut dengan cermat. Cukup sederhana untuk dipelajari sebagai pemula seperti saya, semoga bermanfaat ya. 🙂

Hajiah, 2016

Leave a Reply

