Menetes

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Segala puji bagi Allah yang Maha Berkehendak, Maha Kuasa atas segala. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wa sallam sebagai sebaik-baik teladan, kepada keluarga dan para sahabat, berharap kita termasuk umat yang meneladani kesabaran dan keteguhan hatinya.

Apa yang ada di benakmu ketika dihadapkan dengan skripsi? Oh maaf, kadang saya memang terlalu polos untuk mengemas kata agar terkesan lebih halus dan menyenangkan. Ya, skripsi. Akan menjadi bagian penting dalam tulisan ini.

*********

Maret 2015

Proposal skripsi untuk mengajukan judul ke pihak jurusan sudah mendapat persetujuan, akan tetapi ketika seminar proposal, judul yang saya ajukan ditolak hehehe. Alhamdulillah, saya sudah siap dengan penolakan tersebut sehingga selang 2 (dua) pekan dari jadwal seminar, saya sudah mengajukan proposal dengan judul lain. Saya memang mempersiapkannya sebagai alternatif, bahkan ada sekitar 3-5 judul lengkap dengan proposal skripsi yang dijadikan cadangan. Entah ini namanya rajin atau gak yakin dengan apa yang sedang diusahakan. hahaha.

Sampai Maret berakhir, skripsi sudah memasuki bab 3 dan saya dibimbing untuk menyusun daftar pertanyaan wawancara ke tempat penelitian.

April – Mei 2015
Sambil menanti kepastian waktu untuk proses wawancara dengan lembaga penelitian, setidaknya 3 (tiga) kali mengikuti ujian TOAFL. Untuk sertifikasi kemampuan Bahasa Arab. Banyak ya? Iya, saya sampai dikenal sama petugas di pusat bahasa kampus. Untuk TOEFL, meskipun nilainya ngepas, lolos dengan senyum mengenaskan.

Memasuki akhir Mei, saya memutuskan untuk tetap melanjutkan penelitian, tapi qadarullah, dikarenakan kehamilan sudah memasuki pekan perkiraan lahir maka memberanikan diri untuk menghubungi dosen pembimbing dan meminta rentang waktu sampai selesai nifas untuk melanjutkan penyusunan skripsi.

Juni 2015
Anak kedua pun lahir, Uwais namanya. Ia lahir di tengah penyusunan skripsi bundanya yang belum tuntas. Tapi namanya naluri Ibu, tetap tidak bisa dijelaskan. Sekalipun saya menyusun tapi sangat sulit untuk bisa fokus karena sudah memasuki bab pembahasan dari hasil penelitian.

Singkat cerita, bab pembahasan belum tuntas disusun, saya diminta untuk mengganti judul penelitian karena teori yang saya pakai terlalu tajam. Saya terima arahan dosen dengan perasaan dan pikiran yang tak karuan. Ternyata, saya tidak sesiap ketika mendapat penolakan saat seminar proposal. Disinilah yang menjadi awal ke-mandek-an skripsi sampai akhirnya Oktober benar-benar stagnan.

Bulan berlalu sampai pergantian tahun 2015 – 2016, skripsi tak kunjung selesai. Sampai beberapa kali mimpi pun tentang skripsi, agak horor mungkin. Di mimpi-mimpi itu, dosen pembimbing yang hadir untuk sekadar bertanya, ‘Sudah sampai mana skripsinya?’

Mimpi itu menjadi pukulan dan cambukan sehingga beberapa hari setelahnya saya segera menghubungi dosen untuk mulai bimbingan, Alhamdulillah beliau sangat membantu dan memotivasi agar saya segera menyelesaikannya.

Mei 2016
Kembali membuat draft pertanyaan untuk responden di tempat penelitian. Semua berjalan lancar. Satu hal yang saya ingat, harus selalu siap dan menyiapkan alternatif dari hal-hal yang di luar rencana.

Juni 2016
Memasuki bagian akhir penyusunan, dibayangi pikiran takut kembali diminta ganti judul atau hal lain yang tidak dapat disebutkan. Alhamdulillah, Allah begitu luar biasa kuasa-Nya, begitu hebat skenario-Nya. Pertengahan Juni saya selesai menyusun skripsi tapi belum mendapat persetujuan dosen pembimbing untuk sidang karena berbagai kendala. Hingga tanggal 27 Juni, skripsi baru mendapat persetujuan untuk diujikan.

Semua terasa begitu mudah, pihak jurusan dan dosen pembimbing serta dari pihak tempat penelitian sangat membantu. Kemudahan demi kemudahan Allah hadirkan sampai terbitlah surat undangan sidang yang insyaallah akan dilaksanakan tanggal 30 Juni 2016.

Berharap Allah memudahkan dan memberkahi sidang esok serta menganugerahkan kepada saya semangat untuk terus menjaga semangat kebaikan. Jangan takut, jangan menyerah! Allah bersama orang-orang yang berjuang. insyaallah.

Hajiah M. Muhammad
Depok, 29 Juni 2016
H-1
image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s