Ceritanya

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Masih bertanya-tanya mengapa ada saja yang menghubungi untuk sharing perihal hati. Padahal, saya bukan siapa-siapa. Ilmu? Pengalaman? Ah! Apalagi itu! Tapi mungkin dengan begitu saya diberi waktu lebih banyak untuk menjadi pendengar yang baik, menjadi pembicara yang bijak. Minimal, untuk diri sendiri.

Ada yang menyampaikan kerisauan hatinya untuk berhijrah, padahal saya pun seringkali risau apakah saya sudah sepenuhnya hijrah? Tapi semoga sampai detik ini, Allah membimbing hati ini untuk terus mencintai-Nya, menghambakan diri seutuhnya. Ada yang menyampaikan kegundahan hatinya untuk menikah, dan ini yang membuat saya geleng kepala. Bagaimana tidak? Saya memang sudah menikah, tapi usia pernikahan baru memasuki tahun ketiga. Namun, saya jadi merenung bahwa dengan begitu Allah berikan saya kesempatan untuk lebih menjaga hati.

Mulanya, hanya mereka yang sudah mengenal lalu berkenan untuk menuangkan curahan hatinya. Seiring berjalan waktu, rupanya si faqir ini disapa nomor-nomor tak dikenal untuk berbagi dan meminta kesediaan diri ini untuk menyimak. Ya, menyimak kisah merajut makna, begitu judul buku karya Salim A. Fillah yang menjadi salah satu inspirasi dari tagline di blog ini.

Saya tidak pernah berharap ada pada kondisi seperti ini karena terkadang merasa khawatir dan takut jika apa yang saya sampaikan malah menjerumuskan mereka yang sebenarnya butuh arahan. Tapi semoga ada kebaikan tersemat dari diri yang masih bersimbah dosa ini. Hanya satu, Allah menutupi aib sehingga yang tampak mempesona padahal diri ini tak lebih baik dari mereka yang berbagi ceritanya. Al haqqu min rabbik fala takuunanna minal mumtariin.

Hajiah M. Muhammad

Depok, 15 Juni 2016//10 Ramadhan 1437 H

Leave a Reply

