Badal

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Assalamu’alaykum, Ka Hajiah, saya fulan dari Fakultas XXXXX bermaksud mengundang Ka Hajiah sebagai pembicara di agenda bla bla bla”

‘Alaykumsalam warahmatullah, masyaallah, jadi malu. Boleh tau dapat rekomendasi menghubungi saya dari mana?”. (Padahal, dalam hati bertanya, apa sebab saya diundang sebagai pembicara?)

Itu sepenggal percakapan singkat yang beberapa kali diterima. Jika memungkinkan untuk memenuhi undangan itu, akan saya terima dan tentunya setelah mendapat perizinan dari suami. Tapi jika tidak, maka akan saya tolak. Bukan, bukan karena tak ingin berbagi ilmu tapi saya malu (pada semut merah yang berbaris di dinding, menatapku curiga seakan penuh tanya, sedang apa disini?*ngaku yang baca kalimat ini pakai melodi? :p*

Ya, malu. Malu karena merasa tak mampu, malu karena merasa ada orang yang lebih layak menyampaikan kepada mereka. Tapi lantas perasaan malu itu terpaksa saya tepis dan bergumam dalam hati, “Ji, jangan ge-er!” karena biasanya undangan demikian saya dapat jika pembicara yang seharusnya mengisi berhalangan hadir atau sebab lain yang tidak saya ketahui. Nah! Entah apa yang ada di benak para pemberi undangan itu sehingga menghubungi saya, mungkin mereka khilaf :3

Alhasil, ketika menjadi pembicara ya karena menjadi badal hehehe. Menjadi badal atau pengganti itu rupanya hampir jadi bagian yang lekat dengan saya. Tahu kenapa? Karena di PAUD yayasan saya juga jadi badal jika ada guru yang berhalangan mengajar. Atau di bimbel (bimbingan belajar) gurunya berhalangan, maka saya juga harus siap jadi badal. Tapi untuk di bimbel atau mengisi kajian, saya sadar diri. Jika tema pembahasannya tak banyak diketahui, maka saya mundur perlahan dan mengajukan nama lain.

Di sanalah letak permasalahannya. Di mana? Pada keterbatasan pengetahuan yang saya punya, pada keterbatasan kemampuan yang saya miliki. Semoga Allah mengampuni segala khilaf dalam penyampaian, memaafkan segala keliru dalam tutur lisan juga tulisan.

 

Hajiah M. Muhammad

Depok, 15 Juni 2016//10 Ramadhan 1437 H

Leave a Reply

