Hai!

Hai! Assalamu’alaykum!

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Tahun 2010, adalah awal kegalauanku untuk memiliki akun Facebook. Sampai pada satu kesempatan bertukar cerita dengan seorang kawan, saya  sampaikan bagaimana kekhawatiran akan berbagai godaan lewat dunia maya. Kekhawatiran saya ini bukan tanpa alasan. Karena di tahun sebelumnya, 2009 sampai pertengahan tahun 2010, salah seorang kawan dekat terjangkit virus hati karena berinteraksi dengan lawan jenis hingga lupa waktu lewat Yahoo! Messenger.

Dari situ, saya semakin takut berselancar di sosial media. Hingga akhirnya mendapat keyakinan untuk sign up  di Facebook, kekhawatiran itu terus mengikuti. Bahkan sampai sekarang. Di media sosial seperti laman Facebook, Twitter dan sejenisnya memang menyuguhkan beragam hal. Mulai dari yang sekadar hiburan, sampai belajar dari friendlist yang terkait.

Terlepas dari itu, sejak awal mendaftarkan diri di Facebook, saya bertekad untuk menjadikannya media belajar dan berharap apapun yang saya share adalah kebaikan, serta membawa manfaat. Terlebih, sebagai bentuk nasehat diri. Oleh karenanya, Twitter dan Instagram pun demikian. Dengan begitu, saya merasa lebih terjaga dari hal-hal yang melenakan, dari hal-hal yang membuat diri tergerus dan terbawa arus perkembangan zaman. Dan tentunya, menyeleksi siapapun yang akan dijadikan kawan di berbagai akun media sosial. Mengapa? Agar saya punya kesempatan belajar dari mereka.

Meskipun memang, belajar tentu tak cukup dari social media. Tapi tak bisa kita pungkiri, ada berbagai gerakan kebaikan yang bermula dari akun media sosial. Peduli Jilbab, Komunitas Aku Cinta Islam, dan Indonesia Tanpa JIL. Media sosial layaknya pisau. Tergantung bagaimana kita menggunakannya. Jika dipakai untuk memotong sayuran di dapur, akan menjadi bermanfaat, kan?

Nah! Adakah tulisan ini bermanfaat? Saya berharap demikian. Sampai jumpa di lain kesempatan. Maaf kalau blognya sepi ya -_-

Depok, 20 Mei 2016

Hajiah

 

Leave a Reply

