Apa Kabar?

Hari Kamis lalu, tepatnya tanggal 23 Juli 2015, ada sejumlah kawan yang silaturahim ke rumah. Alhamdulillah, saya selalu sumringah tiap kali ada yang berkunjung ke rumah meskipun dalam waktu yang sangat sebentar, sekedar melepas rindu mungkin.

Sore itu, pada awalnya saya tak banyak bicara dan membiarkan kawan-kawan bercengkrama, ternyata saya sadari bahwa seperti ada kilas balik seperti sore-sore yang pernah kami lalui di sekitaran kampus. Ya, ingatan itu hadir tanpa paksaan siapapun. Mengalir begitu saja tapi saya menikmatinya, sampai-sampai hanya melemparkan senyum ringan mendengar canda tawa mereka.

*****

Sebelum kami larut dalam keceriaan itu, saya sudah mempersiapkan sajian sederhana untuk mereka. Sambil sesekali membayangkan keseruan apa yang akan terjadi nantinya. Juga menyusun kata-kata sebagai pembuka. Ohya, tanyakan kabar, begitu pikir saya. Mungkin juga tanyakan hal-hal sederhana lainnya. Tapi ternyata, saya seperti baru mengenal mereka. Kelu! Padahal, saya adalah tipe orang yang cerewet, hehehe. Dan akhirnya saya benar-benar kikuk berhadapan dengan mereka hingga sebuah tanya seperti memecah keheningan dalam pikiran, “Ka Jiah, apa kabar?”, “Yah, keduluan deh nanya kabarnya”, sambil nyengir ala kadarnya.

Sungguh aneh. bahkan menatap mata mereka satu per satu saja rasanya berat, tertahan. Mungkin karena cukup lama tak saling bersua meskipun masih saling sapa lewat layar kaca. Kangen! Itulah satu kata yang tak sempat saya ucapkan kepada mereka yang sepertinya menahan lisan berkata-kata. ‘Ala kulli haal, bersyukur dan bersyukur karena Allah masih izinkan kami untuk bertemu di tengah skripsi yang terus memburu #eh 😀

Terima kasih kalian, yang sudah meluangkan waktu sekedar melepas rindu. Semoga apa-apa yang kita bagi sore itu terselip kebaikan, kebermanfaatan, juga keberkahan. Aamiin.

Depok, 28 Juli 2015

Hajiah M. Muhammad

Leave a Reply

