Selalu Ada Alasan

Selalu ada alasan untuk bersyukur. Lalu, silakan pertanyakan pada hati-hati kita, adakah iman menyala ataukah gulita?  Sebab, selalu ada titik-titik bahagia yang Allah selipkan sekalipun di balik ujian. Bahkan, jika kita ingat bahwa ujian adalah tanda cinta Allah kepada hamba-Nya. Adakah kita menyadarinya? Jika iya, bersyukurlah karena tak ada alasan untuk tak bersyukur. Setidaknya, ini akan semakin menyadarkan dan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur.

Sengaja diulang, syukur.

ibrahim-ayat-7

 

Jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih (QS. Ibrahim (14) : 7)

Tentang syukur, ini adalah tulisan saya ke sekian. Entah, rasanya memang menjadi nasehat sendiri jika kita berbagi. Bukankah telinga sendiri lebih dekat dengan lisan? Awalnya memang, beberapa waktu lalu ada kawan yang menanyakan, “Ka…, apa yang sebenarnya terjadi dengan hati kita, lebih mendalami rasa sedih, kalau senang atau bahagia cuma sekedar lewat”, kurang lebih begitu pertanyaannya. Seketika  saya ingat pernah menanyakan hal senada dengan seorang kawan lainnya, maka saya berikan jawaban yang tak beda dengan beliau kepada kawan yang tadi bertanya. Begini jawabannya, adalah benar jika salah satu fitrah manusia adalah berkeluh kesah, akan tetapi ada hal lain yang juga perlu diingat bahwa bersyukurlah yang membuat kita bahagia. Mungkin sebagian dari kita menyepakati ungkapan berikut;

Bukanlah aku bahagia maka aku bersyukur,

tapi aku bersyukur maka aku kan bahagia.

Ya, kebanyakan manusia memang enggan untuk bersyukur. Sudah Allah sindir dalam beberapa ayat dalam surat cinta-Nya, qaliilan maa tasykuruun, hanya sedikit orang-orang yang bersyukur. Semoga Allah jadikan kita golongan mereka yang pandai bersyukur, menjadi golongan yang sedikit itu.

Hajiah M. Muhammad

Ahad, 15 Desember 2013//12 Safar 1435 H

Innalhamdalillah bi ni’matillah 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s