Ketika Itu…

Bismillahirrahmaanirrahiim.

"Sapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri" (QS. Fushshilat (41):33)
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” (QS. Fushshilat (41):33)

Teringat, ketika awal menjejakkan kaki di kampus, mendatangi sekumpulan wajah-wajah nan teduh dekat gedung pendaftaran ulang mahasiswa baru, 2010 ketika itu. Ya, gayung bersambut. Senyum dari mereka terlepas dengan tulusnya, itu yang kurasakan ketika itu. Menawarkan bantuan meski dengan secarik kertas atau alat tulis untuk mengisi formulir yang harus diisi ketika itu. Tak sekedar itu, sependek daya ingatku, mereka berpenampilan tak jauh berbeda denganku dan mungkin itu yang membuat nyaman ketika mereka menyambangiku, padahal sangat asing ketika itu.

Waktu berlalu, setidaknya tiga tahun sudah keberadaanku di kampus ini, dan dua tahun berlalu dalam kebersamaan dengan mereka yang asing bagiku ketika itu. LDK, Lembaga Dakwah Kampus. Kita adalah saudara, itulah kalimat penuh cinta dan doa. Betapa tidak? Siapa aku dan siapa mereka? Mengapa begitu mudahnya percaya bahwa mereka adalah orang baik-baik yang Allah kirimkan untuk saling menjaga, untuk saling menyemangati, untuk saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Ah, rasanya emosiku tak terkendali, kini. Mari menghela nafas sesekali, mengatur ritme hati yang mungkin tengah diselimuti sunyi.

Ada keterkaitan cerita dengan yang saat ini tengah kita lakukan, masa itu berulang, hanya saja kini berganti pemeran. Open recruitment LDK Syahid 2013 menjadi sarana untuk mengukur seberapa jauh kita memahami makna isti’ab dalam dakwah, setidaknya kalimat itu yang dapat kuungkapkan. Hubungan antara isti’ab dan keberhasilan dakwah sangatlah mendasar, karena bagaimana mungkin kita dapat menyeru orang lain untuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar, jika tak seorang pun yang dapat kita ajak, tak seorang pun yang dapat kita rangkul, tak seorang pun yang dapat kita rekrut. Jika dakwah tidak memiliki da’i yang memiliki kemampuan dalam isti’ab, dapat dikatakan pergerakan dakwah akan mandul, pergerakannya sangat terbatas, sehingga kita butuh mendidik diri untuk miliki kemampuan merekrut!

Ada hal yang kadang terlupa, bahwa ketika merekrut orang lain, mereka melihat dan menilai bagaimana kita sebagai da’i, sebagai aktivis dakwah.

Mengapa kamu menyeru orang lain (mengerjakan) kebaikan, sedang kamu melupakan diri (dari kewajibanmu sendiri), padahal kamu membaca Al-Kitab? Maka tidakkah kamu berpikir?” (QS. Al-Baqoroh (2):44).

Inilah yang mungkin menghambat pergerakan dakwah kita dalam merekrut, sehingga hilang daya tarik objek dakwah terhadap ajakan kita. Jangankan mereka mau bergabung dengan dakwah ini, mungkin sebab ketiadaan teladan dari kita sebagai da’i-lah mereka enggan bergabung. Mari merenung.

Mengutip ungkapan Fathi Yakan dalam karyanya, “Isti’ab”, kemampuan pekerja-pekerja dakwah untuk menarik objek dakwah atau kita kenal istilahnya adalah perekrutan. Saat ini, itulah yang tengah kita perjuangkan wahai kawan! Merekrut objek dakwah untuk berada dalam barisan dakwah ini, melangkah bersama, dan melanjutkan estafet dakwah di kampus ini. Dan ungkapan dalam buku itu adalah;

 “Berapa banyak manusia yang dianggap sebagai da’i atau aktivis di medan dakwah, justru memberikan kemudharatan dan tidak mendatangkan manfaat sama sekali, merusak dan bukan membangun, bahkan menjadikan orang-orang di sekelilingnya lari. Mereka ini di kemudian hari justru akan dijadikan bukti bagi musuh-musuh Islam untuk memberikan citra buruk bagi dakwah”

Dan sekarang, setidaknya ada satu pertanyaan besar yang mungkin perlu kita tanyakan pada hati-hati kita. Manfaat ataukah mudharat yang kita datangkan ketika kita merekrut orang lain untuk bergabung dalam jama’ah ini? *note to my self*. 

Hajiah M. Muhammad

Rabu, 30 Oktober 2013/25 Dzulhijjah 1434 H

Refleksi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s