Menapaki Tangga Keteladanan

Sungguh teladan terbaik itu memang hanya ada pada diri dan pribadi seorang Muhammad ibn Abdullah…Rasulullah tercinta (semoga kita termasuk ke golongan umat yang mendapat syafa’at beliau di hari akhir nanti)

Di postingan kali ini saya akan sedikit menyampaikan bagaimana kita bisa menjadi teladan….meskipun sangat saya sadari jika diri ini masihlah berlumuran dosa (dan yang baik itu datangnya hanya dari Allah)…check this out:

  • Menjaga keikhlasan dan menanamkan rasa tidak peduli atas pamrih apapun yang diberikan orang lain. Jujur aja nih…saya termasuk orang yang gampang luluh dengan pujian atau sanjungan dari orang lain ketika saya melakukan suatu amal kebaikan…astaghfirullah…hanya satu kata yang terus terucap (itu pun susahnya minta ampun deh,,,,ngerasa hebat, padahal nyadar banget kalo punya banyak kekurangan)
  • Meresapi makna “ihsan”, ketika beribadah atau melakukan amalan,,,tanamkan dalam hati…Allah pasti melihat apa yang kita lakukan, meskipun kita ga ngelihat DIA. Dan Allah pasti memberikan balasan yang jauh lebih baik dari kebaikan yang kita lakukan.
  • Sering-sering melakukan evaluasi amal dan bertaubat. Seorang Rasulullah aja yang udah terjaga dari perbuatan keji dan punya amalan luar biasa, selalu menyempatkan diri untuk memohon ampun sama Allah,,,sekarang kita tanya pada diri kita masing-masing…seberapa sering kita memohon ampun atas setiap kesalahan dan dosa yang kita lakukan?
  • Mengkaji dan meneliti perjalanan manusia yang telah pergi dan menghadap Allah dan berhasil menjadi teladan selama hidupnya. Gajah mati meninggalkan gading, macan mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama (mungkin pribahasa ini bisa menjadi gambarannya…lupa-lupa ingat pelajaran semasa sekolah dasar)…Semasa kita hidup,,,meskipun selalu kekurangan dari materi…akan tetapi hati kita kaya dengan hiasan dan sinaran cahaya dari Allah,,,yakin deh….hidup akan terasa lebih indah. Disenangi banyak orang, dan yang terpenting adalah ketika kita bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan bermanfaat tuk orang banyak,,,percaya atau engga….orang-orang akan mengenang kita (amiiiiiiiiiin) yang baik-baik tentunya…
  • Bercermin dan meniru sosok hidup orang yang dapat diteladani (Rasulullah…y udah pasti dong…)
  • Melakukan peningkatan dan pendalaman penguasaan dalam bidang dan profesi masing-masing, Setidaknya ada sedikit pergerakan langkah tuk melanjutkan perjuangan ke arah yang lebih baik. Dan tetap ingat…Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tapi berkelanjutan daripada amalan yang banyak tapi terputus.
  • Menghargai diri sendiri untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat mencoreng kehormatan (izzah) di hadapan orang lain. Meskipun penilaian manusia itu terkadang menghanyutkan keikhlasan,,,tapi perlu juga kita jaim (jaga iman) biar ga dipandang rendah oleh manusia lainnya. Ada yang pernah menyampaikan pada saya… Ga peduli dengan anggapan orang lain….yang penting kita dalam kebaikan. Dan Allah pasti lebih mengetahui.
  • Meneliti dan memahami anjuran keteladanan dalam syari’at Islam. Selama yang menjadi teladan adalah mereka yang berpegang pada qur’an dan sunnah…insya Allah baik untuk diikuti. Dan berhati-hati dalam meneladani orang lain…khawatir karena kita menganggap apapun yang dia lakukan sudah pasti benar dan harus ditiru (kecuali Muhammad SAW.).
  • Menyadari urgensi keteladanan dalam kehidupan sosial. Manusia sebagai makhluk sosial, yang ga bisa hidup sendiri dan memerlukan bantuan orang lain…haruslah manyadari bagaimana harus berkelakuan di tengah-tengah masyarakat yang beranekaragam karakter dan kepribadian…jadi lakukan yang terbaik…untuk mendapatkan yang terbaik…(do the best to get the best)======>ngaur<=====hhehehe
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s