Monolog #1

Bismillah.

Sebenarnya apa yang hendak dicari? Saudaraku, cobalah berhenti sejenak. Ya, sejenak saja. Apa yang sebenarnya tengah kau lakukan? Kau bilang bahwa kau sedang meniti jejak-jejak kebaikan? Tapi, di waktu yang hampir bersamaan kau melupakan apa yang telah kau katakan. Apa yang sebenarnya terjadi denganmu, wahai saudaraku? Inikah yang kau katakan sebagai kebaikan? Coba kau ingat, sepenggal pesan dari seorang gurumu, Hasan Al-Banna, beliau mengatakan bahwa jika kita ingin mendapatkan akhir yang baik, maka lakukanlah kebaikan sejak awal, tengah hingga akhir perjalanan. Berat dan sulit, mungkin. Akan tetapi, bukankah bagi Allah tak ada yang mustahil?

Saudaraku, duduklah sebentar saja, sandarkan pundakmu di bangunan gagah itu, dan rasakan betapa angin lembut menyapamu. Ia menemanimu kini, di masa yang lalu dan masa yang akan datang. Tidakkah kau mengambil pelajaran dari kebersamaanmu dengannya? Ia begitu lembut menyejukkan gerahmu, begitu sabar membersamai kekanak-kanakanmu, tidakkah kau ingin membalas budi baiknya? Dengarkanlah kicau burung-burung di sana, mereka ceria dan ramah saling bercengkrama. Lihatlah, betapa ciptaanNya mengajarkanmu untuk selalu melakukan kebaikan, kepada siapapun! Pun dengan orang yang menyakitimu. Bersabarlah, dan bertahanlah dalam sabarmu. Bukankah Allah bersama orang-orang yang sabar? Yakinkan saja diri dan hatimu bahwa Ia takkan menyalahi janjiNya.

Lakukan saja kebaikanmu, tanpa peduli pada mereka yang mungkin membencimu atau bahkan menyakitimu. Lakukan saja kebaikanmu, tak perlu risau dengan sikap orang-orang yang menentangmu. Lakukan saja kebaikanmu, tak perlu repot dengan komentar yang akan atau tidak sama sekali orang berikan padamu. Usahamu, kerjamu, dan segala kebaikan yang kau lakukan, bukanlah untuk mendapat perhatian dan pujian orang, semata hanya untukNya. Ingatkah kau pernah mengatakannya? Maka, luruskan kembali kebengkokan hatimu.

Hajiah M. Muhammad

Rabu, 29 Agustus 2012/11 Syawal 1433 H

Hening

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s